PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Untuk memajukan pertanian porang di Ponorogo serta meningkatkan perekonomian meski ditengah pandemi, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko meresmikan Koperasi Produsen Porang Indonesia Jaya yang berada di Desa Bekare, Kecamatan Bungkal, Rabu (9/6).

Ketua Panitia, Gaguk mengatakan Koperasi Porang Indonesia Jaya ini merupakan sebagai wadah bagi para petani porang untuk meningkatkan produksi, belajar bersama, mengakses pembiayaan, mengolah kebutuhan pasar dan menyiapkan produk komiditi porang lebih baik lagi.

“Sejauh ini anggota Koperasi Porang Jaya Indonesia berjumlah kurang lebih 600 hingga 700 petani porang yang tersebar diwilayah kecamatan Ponorogo seperti Ngrayun, Bungkal, Slahung, Pudak, Pulung, Ngebel, Sambit, Badegan,”terangnya.

Dengan adanya wadah yang tergabung dalam Koperasi Porang Indonesia Jaya yang ada di Ponorogo ini lebih mudah menjalankan hal tersebut,”tambahnya.

Sementara itu Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, mengatakan bahwa porang yang sempat menjadi tanda tanya masyarakat. Dengan didirikannya Koperasi Produsen Porang Indonesia Jaya kini terjawab sudah.

“Sesuai rapat dengan Sesmenko bahwa Ponorogo akan menjadi denplot dan pilot project untuk porang nasional dari hulu ke hilir itu bisa segera diwujudkan untuk menjawab segala pertanyaan mengenai porang,”ucapnya.

Langkah dan upaya untuk menuju pilot project tersebut yang pertama harus menyiapkan lahan sehingga ketersediaan hulu kehilir harus seimbang dan harus digalakan dulu pembibitan seperti apa disisi lain akan menyelesaikan ofamnya pasca panen.

Apakah dijual porang saja atau bisa diolah menjadi bahan produk jadi seperti beras, nudle, mie, bakso, empek empek yang tepung berbahan porang.

Diungkapnya, bahwa untuk saat ini produksi menurut data sebesar 3500 hektar, maka untuk menuju target pabrik sekitar 18 ribu hektar adalah menggalakan perkembangan potensi porang.Dan tentunya dari hasil porang ini bisa mensejahterakan para petani,”pungkasnya.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here