PONOROGO-Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Ponorogo, diantaranya dengan menghadiri Bimtek Teknis Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Rumah Dinas Bupati dan sejumlah kegiatan lainnya di Desa Gupolo, kecamatan Babadan.

Bimbingan teknis tersebut dilakukan guna memperkuat peran dan tugas koordinator TKSK Kabupaten Ponorogo dalam penyelengaraan kesejahteraan sosial dan diharapkan memperkuat sinergi, komunikasi, informasi, dan jejaring kerja TKSK.

Selain itu, melalui bimtek TKSK dapat dijadikan sebagai ajang mengakomodasi berbagai masukan, dan kendala dalam pelaksanaan tugas TKSK. Sekaligus evaluasi program pemberdayaan sosial.

Dalam keterangannya Mensos Tri Rismaharani mengatakab kasus yang ada Ponorogo terutama yaitu disabilitas intelektual atau tuna grahita yang harus diselesaikan dan tidak biasa berdiam saja. “Bila niat kita baik,inshallah Allah akan menurunkan cara untuk menyelesaikannya,”katanya.

“Jadi memang dibutuhkan tenaga yang ekstra dan butuh biaya yang ekstra dan tidak perlu takut untuk memutus mata rantai itu kalau dilakukan dengan sungguh sungguh,”tambahnya.

Dan untuk TKSK, lanjut Risma, tidak akan mudah menyelesaiakan masalah sosial karena akan banyak tantangan dilapangan. “Begitu kita menemukan kasus atau penerima yang benar benar membutuhkan maka TKSK harus memberikan informasi kepada kami,”jelasnya.

“Apalagi kalau ada orang sudah mampu dan kenapa dia menerima, tapi yang paling penting lagi justru itu kenapa tidak dilaporkan. Maka teman TKSK harus melaporkan temuan hal seperti itu,”paparnya.

Sementara itu Bupati Sugiri Sancoko mengatakan bahwa kunjungan Mensos Tri Rismaharani membawa dampak positif bagi Kabupaten Ponorogo. Untuk diketahui bahwa ada seribu orang lebih yang terbagi 3 kecamatan yaitu di desa karang patihan, Balong dikenal kampung ideot, selain itu juga Jambon serta Badegan, membutuhkan penanganan serius baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah agar kedepan bisa memberikan wadah bagi mereka untuk mempunyai karya dan skill.

Dalam acara Bimtek TKSK Kabupaten Ponorogo tersebut, Mensos Tri Rismaharini juga memberikan bantuan mesin print braille untuk penyandang tuna netra dan santunan 80 juta kepada salah satu panti asuhan tuna netra di Ponorogo.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here